Palembang, Haluan Sumsel – Organisasi masyarakat (Ormas) Pelembang Darussalam Sepakat (Pedas) memberikan bantuan 16 buah Speaker Wereless kepada 16 Persatuan Amal Kematian (PAK) di 16 Kecamatan yang ada di kota Palembang.

Ketua Harian Pedas, RM Salahuddin bersama Sekjen Pedas, KMS Ahmad Idham menjelaskan, bantuan atau wakaf speaker wereless ini merupakan bagian dari program Pedas yakni sosial, budaya dan keagamaan.

Menurut Idham, sesuai dengan target 100 speaker wearleas untuk semua kecamatan di kota Palembang, dan ke depan pihaknya kembali akan terus memberikan bantuan speaker wereless kepada PAK yang ada di Palembang, karena wereless ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya majelis taklim yang mengadakan tadarus dan kegiatan lainnya di bulan suci Ramadhan nanti.

“Alhamdulillah tahap pertama ini sudah selesai kita bagikan, dan ke depan kita akan membagikan lagi untuk tahap kedua. Wereless ini sangat di butuhkan masyarakat, khususnya di majelis-majelis taklim saat ini, karena sudah banyak orang-orang sesepuh yang suaranya tidak terlalu besar, dengan di bantu oleh alat wereless ini mudah-mudahan bisa mempermudah jamaah mengikuti majelis taklim, tadarus khususnya pada bulan Ramadhan dan kegiatan yang bermanfaat lainnya,” ungkap Idham saat simbolis pemberian speaker wereless di sekretariat Pedas, Minggu sore (11/4/2021).

Idham pun menghimbau, bagi PAK yang menginginkan bantuan speaker wereless agar segera mendaftar di sekretariat Pedas. Dengan catatan PAK nya telah terdaftar resmi di departemen agama (Depag) kota Palembang.

“Syarat bantuan yang akan kita bantu wereless adalah dengan cara mendaftar dulu ke sekretariat pedas. Nanti kita data dan kita lihat benar tidak amal kematian mereka itu terdaftar di depak kota Palembang, kalau mereka terdaftar kita bantu. Sedangkan untuk pelaksanaan pembagian wereless nya kita jadwalkan, mungkin setelah ba’da hari raya idul fitri tahap dua,” kata Idham.

Selain mewakafkan speaker wereless, selama bulan Ramadhan 1442 hijriyah atau 2021 ini, pihaknya akan membagikan 100 pack takjil setiap harinya kepada mushollah dan masjid di kota Palembang.

“Mulai hari selasa kita sudah membagikan 100 pack takjil untuk setiap mushollah dan masjid dalam perharinya. Bagi anggota Pedas yang mempunyai rezeki yang luas dan lebih, agar bisa ikut berpartisipasi,” ungkap Idham.

KMS Fadli Ketua Pedas Kecamatan Alang Alang Lebar mengucapkan terima kasih dengan bantuan speaker wereless dari Pedas ini. Karena sangat bermanfaat bagi jamaah untuk mengadakan acara keagamaan di rumah dan di mushollah serta masjid.

“Alhamdulillah dengan adanya bantuan dari pedas ini merupakan program sosial, budaya dan keagamaan. Jadi wakaf wereless ini merupakan amal jariah untuk PAK mushollah atau masjid di kota Palembang. Sangat bermanfaat bagi jamaah untuk mengadakan acara di rumah-rumah karena dapat membantu mensyiarkan yang sesuai dengan program kita yakni keagamaan,” ujarnya.

Kgs M Zuber Abdullah mengatakan, bantuan speaker wereless dari Pedas ni sangat barokah dan bermanfaat, karena wereless banyak di gunakan mushollah untuk acara yasinan, tahlilan dan acara kematian lainnya.

“Alhamdulillah bantuan ini bisa barokah dan kedepan bisa ditingkatkan kembali. kedepannya wereless ini akan kita manfaatkan sebaik mungkin,” katanya.

Ia mengakui, selama ini mengalami kesulitan perihal pengeras suara saat mengadakan yasinan dan tahlilan di mushollah, karena rusak.

“Bantuan dari pedas ini sangat bagus dan bermanfaat, memang kami kesulitan ,susah kalau tidak ada pengeras suara saat memimpin yasin dan tahlil. Karena yang di belakang tidak kedengaran, dengan bantuan wereless ini jamaah yang di belakang akan terdengar, jadi sangat bermanfaat untuk takziah dan acara penguburan,” terangnya.

Mgs Abdul Karim selaku pengurus Masjid Al Amin 24 ilir juga mengucapkan termasuk kasih atas bantuan speaker wereless dari Pedas. Bahkan menurutnya bantuan ini sangat diperlukan bagi 440 anggota PAK yang ada di wilayahnya.

Karim mengakui, bahwa masjid Al Amun tidak mempunyai alat pengeras suara seperti speaker wereless. Meskipun ada tapi sudah lama rusak.

“Jadi dengan adanya bantuan ini masjid kami sangat terbantu, terutama untuk takziah 3 malam berturut-turut. Yang kedua bisa bermanfaat bagi orang kematian, karena bisa di bawa di tempat pemakaman umum. Sekali lagi kami mengucapkan banyak Terima kasih kepada pengurus pedas,” ucapnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here