Palembang, Haluan Sumsel – Pemkab Musi Banyuasin Melalui Dinas Kominfo terus menyambung niat Melakukan Koordinasi kepada seluruh provider yang ada di Sumetera Selatan. Road show Kadis Kominfo Musi Banyuasin Herryandi Sinulingga, AP ditempuh untuk memupus zona tanpa sinyal atau blank spot. Bersama tim teknis, Sinulingga menjejaki kerja sama untuk percepatan penyelesaian  blank spot di Musi Banyuasin.

Saat ini, beber Sinulingga, masih ada 81 titik blank spot. Di area ini  belum ada akses jaringan internet.

Jumat,16/9/2022) ini tim Dinkominfo Muba berkordinasi ke Kantor PT  XL Axiata Palembang yang langsung disambut  Perwakilan dari Pihak XL yakni Hendra Salman (Teritory Sales Manager Micro Cluster Banyuasin dan Musi Banyuasin) dan Mulyadi (Manager operation Sumsel Bengkulu) dan tim jaringan PT.Axiata di Jalan Angkatan 45 Kota Palembang.

Pada kesempatan ini Kadis Kominfo Muba Herryandi Sinulingga memaparkan zona blank spot jaringan internet di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin. Dia memaparkan sebaran  di 15 kecamatan dari 240 desa dan kelurahan.

“Di Musi Banyuasin  saat ini masih ada 81 titik blankspot. Saya serahkan data lengkap dengan koordinat serta jumlah penduduk yang berdomisili di wilayah blank spot,” terang Sinulingga

Sinulingga meyakinkan  bahwa data wilayah blank spot ini dapat menjadikan acuan atau target pembanguan site plan  pembangunan jaringan 4G oleh pihak provider termasuk  PT XL Axiata Palembang. Dirinya mempersilahkan model program yang mau dibuat apakah berupa pembangunan jaringan 3T dan non 3T atau program CSR PT XL Axiata. Secara prinsip, tambah dia, programnya untuk mempercepat penyelesaian blank spot di Musi Banyuasin  dan kami ucapkan terimakasih atas pembangunan 10 Site Pembangunan jaringan 4G untuk tahun 2022 5 site Melalui Program Non 3T dan 5 site melalui Program tahunan PT XL Axiata wilayah Sumsel khususnya Musi Banyuasin.

“Kami tadi juga sampaikan usulan pembanguan jaringan internet untuk tahun 2023 yang telah ditandatangani langsung oleh  PJ Bupati Musi Banyuasin H Apriyadi ke pihak PT XL Axiata. Mohon segera ditindaklanjuti,” ungkap Kadin Kominfo Muba ini.

Perwakilan  Manajemen PT XL Axiata Palembang Hendra Salman dan Mulyadi dan Tim Jaringan XL menyambut baik kedatangan Kepala Dinkominfo bersama tim. Hendra menyatakan baru kali ini pihaknya kedatangan tamu langsung dari Dinas Komunikasi dan informatika  di Sumsel. Atas kunjungan ini dia mengucapkan terimakasih  dan Mengenai Usulan yang telah diterimanya dan berjanji segera membahas usulan dari Pemkab Muba. Ia berjanji akan menjadikan usulan tersebut sebagai  salah satu dasar dan masukan bagi pihaknya yakni   membangun jaringan internet 4G di Kabupaten Musi Banyuasin,  untuk tahun 2023. Dia akan mengecek data yang disampaikan dan mericek ke  kelapangan bersama tim Teknis PT Xl Axiata.

Hendra menyatakan bahwa untuk tahun 2022 PT XL Axiata telah membangun jaringan di  blank spot yang dipaparkan Pemkab Muba melalui Dinkominfo Muba.

Menurut data yang disampaikan PT. XL Axiata Palembang, tahun 2022 ini telah membangun 5 site jaringan 4G melalui program Non 3T dan ada tambahan sebanyak 5 Site jaringan 4 G milik PT. XL Axiata dengan rincian, 5 site yang dibangun melalui program Non 3T yaitu Desa Bukit Pangkuasan Kecamatan Batanghari Leko, Desa Muara Merang Kecamatan Bayung Lencir, Desa Bumi Agung Kecamatan Lalan, Desa Jaya Agung, Lalan, Desa Sukamakmur, Lalan.

Sedangkan 5 site jaringan 4G tambahan yang dibangun diluar Program Non 3T yaitu Desa Lubuk Harjo, Bayung Lencir, Desa Sindang Marga, Bayung Lencir, Kel Ngulak 1  Kecamatan Sanga Desa, Desa Ngunang, Sanga Desa, Desa Beji Mulyo, Tungkal Jaya.
Semua yang dibangun ini termasuk didalam data blankspot yang telah disampaikan dan dipaparkan untuk tahun 2023.

“Tentunya akan menjadi perhatian serius kami dan kami siap membantu untuk program Muba bebas Blankspot,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here